Karakteristik Perusahaan Startup

Karakteristik Perusahaan Startup


Merujuk pada definisinya sebagai perusahaan rintisan, perusahaan-perusahaan yang semula dilabeli sebagai startup pun di kemudian hari bisa jadi bukan startup lagi. Artinya, labelisasi ini bersifat temporer. Jika sebuah perusahaan sudah tidak memenuhi kriteria sebagai startup, label startup sudah tidak berlaku pada perusahaan itu lagi.


Nah, apa saja karakteristik perusahaan startup?



  • Usia perusahaan belum mencapai 3 tahun

Berangkat dari definisinya sebagai perusahaan rintisan atau perusahaan baru, maka salah satu ciri bisnis startup adalah masa endirian yang terbatas. Batas yang disepakati ialah tiga tahun. Bila telah melewatimas atersbut, perusahaan yang dimaksud tidaklagi merupakan bisnis stratup.




  • Masih tahap perkembangan 
Sebagai perusahaan baru, bisnis startup umumnya masih dalam tahap perkembangan, baik itu pengenmbangan produk maupun jalur distribusi. Maka dalam tahap ini, biasanya perusahaan masih terus mengembangkan riset pasar untuk menemukan fokus yang tepat.




  • Berawal dari pendanaan pribadi
Bisnis Sartup biasanya dirintis oleh satu atau beberapa orangyang memiliki kesempatan dan latar belakang yang sama. Mereka membangun bisnis startup dengan modal mandiri.




  • Jumlah pegawai terbatas

Sebagai perusahaan rintisan,startup company memiliki SDM yang terbatas.Umumnya, pegawai mereka kurang dari 20 orang.




  • Pendapatan kurang dari $100.000/tahun

Bisnis startup yang notabene masih mencari pangsa pasar yang tepat, tentu mempengaruhi penghasilan yang didapatnya. Mereka yang masih disebut sebagai startup company biasanya berpenghasilan kurang dari $100.000/tahun.




  • Produknya berupa aplikasi dalam bentuk digital

Bisnis startup biasanya bergerak di bidang teknologi dengan aplikasi sebagai produk yang dihasilkan.




  • Beroperasi secara online (dalam jaringan) melalui situs atau berbasis internet

Kebanyakan bisnis startup beroperasi dalam jaringan (daring)dengan menggunakan laman situs atau berbasis internet. Hal ini karena penggunaan daring dirasa lebih efisien dan dapat menjangkau pasar lebih jauh. Meski demikian, dalam perkembangannya, pelayanan luring (luar jaringan) juga diberikan untuk meningkatkan produktivitas.








Related Posts:

0 Response to "Karakteristik Perusahaan Startup"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak